ARTIKELKU DI BAJAK ORANG

Anda ingin melihat siapa saja yang menggandakan, copy paste, njiplak artikel blog yang anda posting?

ini menjadi sangat penting, jika anda menginginkan apa yang menjadi kreasi anda tidak ingin di jiplak oleh orang lain, dan kalaupun di jiplak minimal menuliskan nama kita di bawah artikel, atau bahkan jika yang menulis adalah orang yang tau ucapan terima kasih, maka setidaknya ia akan menampilkan alamat url kita.

Copy-paste dalam dunia bloging adalah suatu hal yang biasa. terlebih untuk artikel2 yang menarik. tujuan utamanya njiplak supaya artikel yang di posting bisa menarik para pengunjung, dan pengunjung bisa memberikn komentar atau yang lainnya, sehingga dampaknya akan menaikkan trafic blog bersangkutan.

Memang tidak ada aturan baku yang mengatur akan masalah copy/paste, apa sebab, karena di-Indonesia banyak usaha Foto Copy, dan yang paling penting, Undang-undang Cyber Crime di negeri kita masih sangat lemah.

Demi ramah tamah, atau santun dalam dunia maya, maka sebaiknya anda mengecek dahulu artikel/tulisan yang akan anda buat, atau jika anda menyadur dari orang lain, cantumkan nama penulis, atau bahkan sertakan alamat URL ybs.

Seperti yang sedang kang-dwi lakukan, jujur kang-dwi menyadur beberapa artikel, dan banyak sekali artikel di blog yang memuat tentang tulisan ini. oleh karenanya, dibagian akhir akan kang-dwi tulis SUMBER: dari berbagai sumber, karena konten artikel mengambil milik orang, tapi tulisannnya asli yang keluar dari otak kang-dwi.


Berikut tips untuk melihat siapa yang menjiplak artikel kita
1. Masuk ke copyscape.com
2. Masukkan URL posting kita (Bagian windows address)
3. Klik CopyScape Search
4. LIHAT HASILNYA

Jika ada entry yang muncul, berarti ada 2 kemungkinan,
1. Sahabat bloger yang menjiplak, atau
2. ANDA YANG MENJIPLAK

Jika anda ingin tau siapa yag menjiplak, maka masuklah ke URL yang ada di bagian bawah, lihat isinya, dan yang lebih penting, Lihat tanggal posting. Jika anda lebih muda, sebaiknya anda mengalah, siapa tau pemilik artikel marah, atau minta izin kepada si-empunya tapi jika anda yang di jiplak, maka sebaiknya ingatkan, (sebaiknya melalui e-mail supaya lebih santun) untuk menambahkan nama author atau alamat URL anda.

SUMBER: dari Berbagai Sumber

23 comments:

tak ada tempat untuk para pembajak di dunia blogging... setuju kang...

wah...
bagus juga tuh ada situs ini

Blog itu karya kita,
jika kita copas punya orang
sama dengan tidak punya karya

orang yang copas
tidak punya ide = norak - dll

pokoknya aku benci COPAs

wah wah wah tapi hebat ya sampe bisa ketauan kl pyn kita di jiplak org hebat lah kang dwi, salut salut

copy paste boleh aja asal menyertakan sumber aslinya.

jalan2 sore sambil baca2 lumayan nambah ilmu :)

Setuju kang, saya sendiri soalnya suka copas, salah satunya ya yang akang sampaikan. izin, terimakasih, cantumim sumber ? URL. sebagai salah satu bentuk ramah tamah kita. seandainya hal itu kita lakukan, saya rasa yang membuat postingan awal juga tidak keberatan kang. Asal jangan orang yang pelit X.

copy paste itu adakalanya penting juga sih tapi ya harus buat asal usul'a...setuju sama kang dwi...hebat kang luar biasa artikelnya...

Setuju kang.....

coba cek dulu ah... makasi infonya kang.. :)

Yup, co-past boleh2 aja asal mencantumkan SUMBER-nya.

Matur Suwun Kang Atas informasinya,.
:)

May 9, 2009 at 8:55 PM Visitor
Anonymous said...

kalau artikel anda nggak mau di copas ! kasih pengaman sob!! disable klick kanan!baca tips disable klick kana kalo artikel anda tidak ingin di copas http://lusalaryidea.blogspot.com/2009/04/how-to-disable-right-click.html#links

wah... info yang sangat berguna... :)))

Hehehe, aku tukang copas. Tapi bukan dari blogger, melainkan dari mass media secara aku pikir info berguna dan bisa aku sharing ma orang lain.
Kalo ada yang marah, yaa mohon maaf aja. Silahkan berkarya terus sob, mudah2an rejekinya lancar terusss (bagi2 dong yaa).

Cheers, frizzy.

trimakasih kang atas infonya ya...

mantaf infonya, thanks

mantafff info nya.
tadi dah di tes ada juga yg bajak punya Q.. tp gpp lah yg bajak pun foto nya mirip banget ma Q

thanks kang tas infonya..
setelah cek tadi byk yg copas,, wkwkw,, kalo aq sih dah g mau lagi protes,, biarin aja kalo dia mau copas ya terserah deh..
mantepp kang.. :D

okey kang.....sabar yah kang....

bro saya juga ngalami ada beberapa kalimat punya saya ada di blog lain. Masalahnya apakah kalimat yang diambil akan pengaruh di serp, soalnya kalimat tersebut sedang di pergunakabn untuk kontes, mungkin sobat bisa kasi info.Selama gak pengaruh no problem lah.kalau ada pengaruh negatif di serp khan kesian yang punya.

Popular Posts

Followers

 
© 2010 kang dwi